Selasa, 24 Oktober 2017

Halo-halo Bandung... Eh... . Halo-halo para pengunjung yang sedang apapun yang kalian lakukan, ya seperti artikel di blog ane sebelumnya saya akan memposting tentang pengertian virus, tanpa basah-basih langsung cekidot gan.

Pengertian dan Jenis-jenis Virus pada Komputer

Virus Komputer adalah program / aplikasi yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara  menyisipkan dirinya pada program dan data lainnya . biasanya user tidak mengetahui jika komputer yang di milikinya terjangkit virus sampai salah satu data hilang atau program yang ada pada komputer tidak bisa di jalankan.
Virus komputer umumnya di buat untuk tujuan yang tidak baik , banyak Efek negatif yang di timbulkan oleh virus komputer seperti memperbanyak dirinya sendiri sehingga memori menjadi kecil, hal ini membuat komputer sering hang atau freeze, lalu mengubah ekstensi pada file dan program yang membuat program/file tersebut tidak bisa di gunakan, dan dapat juga mencuri data pribadi seseorang tanpa sepengetahuan orang tersebut. selain itu juga virus dapat merusak hardware pada komputer.
Faktanya hampir 95% virus menyerang pengguna sistem operasi windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System.

Jenis – Jenis Virus Komputer 

Virus komputer hanya sebuah istilah umum untuk menggambarkan berbagai jenis serangan terhadap komputer. Dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dikelompoakkan menjadi berbagai macam jenis sebagai berikut :
  • Trojan : Yaitu jenis virus yang dibuat dengan tujuan untuk mengendalikan dan mencuri data yang ada di dalam komputer. Pada dasarnya trojan bukan merupakan virus, tetapi karena sifatnya yang dianggap cukup mengganggu, maka orang-orang mengelompokkannya ke dalam golongan virus komputer yang perlu untuk diwaspadai.
  • Worm : Yaitu sebuah program yang bisa menggandakan diri. Pada umumnya worm tidak meninfeksi virus, tetapi hal yang berbahaya yaitu kemampuan untuk melipatgandakan diri yang begitu cepat sehingga apabila komputer terserang dalam waktu yang cukup lama, bisa mengakibatkan kerapuhan pada sistem dikarenakan data dalam memori dan hardisk menjadi besar.
  • Backdoor : Jenis virus ini hampir menyerupai trojan. Hanya saja yang membedakan, backdoor menyerupai file yang baik-baik saja seperti game.
  • Spyware : virus yang bisa memantau dan memata- matai komputer yang telah terinfeksi.
  • Polymorpic Virus : Adalah jenis virus yang menginifeksi file dengan ekstensi exe atau com, kemudian memindahkannya. Sehingga ketika file tersebut dipanggil untuk dijalankan, maka secara otomatis virus akan beraksi untuk menginfeksi sistem yang lain. Virus ini juga dapat berubah – ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • Metamorpic Virus : adalah virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar sulit untuk dideteksi.
  • FAT Virus : FAT adalah singkatan dari  File Allocation Table. Yaitu jenis virus yang dibuat dengan tujuan untuk merusak file pada lokasi tertentu. Biasanya bersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi. Efek yang ditimbulkan yaitu kemampuan untuk menyembunyikan file penting kita, sehingga sulit dideteksi dan seakan-akan hilang.
  • Memory Resident Virus :  Jenis virus yang menginfeksi RAM. Tentu saja lokasinya berada di dalam memori komputer. Virus ini akan aktif apabila sistem operasi dinyalakan. Dengan kode yang dimiliki, virus jenis ini akan mengganggu proses pamanggilan program yang seharusnya berjalan dengan normal. Efek yang ditimbulkan yaitu akan membuat sebuah sistem melambat.
  • Virus Ponsel : Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat mengakibatkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data yang ada di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler tanpa diketahui.
  • Overwrite Virus : Yaitu virus yang mempunyai kemampuan untuk menghapus file atau data yang terinfeksi tanpa mengubah ukuran file tersebut. Sehingga kita tidak akan merasa curiga tentang keberadaannya. 
Demikianlah artikel mengenai Pengertian Virus Komputer, Sejarah dan Jenis – jenisnya. Sebenarnya masih banyak sekali jenis virus komputer yang sudah ada dan jenisnya pun akan bertambah seiring berkembangnya teknologi.

Sumber: https://www.it-jurnal.com/pengertian-dan-jenis-jenis-virus-pada-komputer/
               https://androidcara.web.id/2016/10/pengertian-virus-komputer-sejarah-dan-jenisnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar